
E dari DEAL adalah Eliminasi . Terutama mengurangi atau menampik informasi yang tidak perlu atau yang tidak ada hubungannya dengan usaha yang dapat mendekatkan kita pada sasaran yang diimpikan. Sekarang ini abad rimba belantara informasi dari berbagai media. Bayangkan kita masuk hutan dengan begitu banyak buah serta sayuran yang menyehatkan. Juga ada banyak buah dan dedaunan yang beracun. Maka tinggal memilih mana buah yang paling enak dan paling menyehatkan, selebihnya abaikan. Kalau tidak , maka kita tak sadar mengalokasikan terlalu banyak waktu untuk menyerap berbagai informasi yang sama sekali tidak berguna bagi kita. Coba teliti dan sadari sendiri hal itu.
Timothy Ferriss sendiri mengaku tidak pernah membaca koran dan menonton tv. Dia lebih banyak menggali dari orang lain yang sudah membaca berita tsb, kalau ada topik heboh yang yang ingin diketahuinya. Ini hanya membutuhkan perbincangan beberapa menit untuk mengetahui inti berita itu, waktu yang jauh lebih singkat dibanding membaca sendiri.
Dia mengajukan Hukum Parkinson yang mengatakan bahwa suatu tugas akan membengkak (dalam persepsi) pada tingkat kepentingannya dan kerumitannya sebanding dengan waktu yang dialokasikan untuk penyelesaiannya.
Contohnya: ketika seseorang diberi waktu 1 minggu untuk menyelesaikan suatu laporan, maka laporan menjadi tebal penuh kata dan kalimat berbunga yang tak penting. Atau menjadi terlalu rumit penuh detail-detail yang tidak diperlukan bagi suatu penilaian evaluasi. Namun ketika orang yang sama diberi waktu 24 jam, bisa jadi laporan yang sama tsb. jadi lebih efektif dan hanya memuat hal-hal penting yang diperlukan untuk mengambil suatu keputusan. Disini bisa dilihat beda aktifitas dan produktifitas. Waktu 1 minggu cenderung menjadi 'aktifitas' membuat laporan. Sedangkan waktu 24 jam cenderung menjadi 'waktu produktif ' dalam pembuatan laporan yang sama. Ada 2 pendekatan sinergis untuk meningkatkan produktifitas yang merupakan kebalikan dari satu dan lainnya:
1.Batasi tugas-tugas pada apa yang penting untuk mempersingkat watu kerja.
2.Persingkat waktu kerja untuk membatasi tugas-tugas pada apa yang penting.
Perlu juga dibuatkan 2 daftar untuk menjaga fokus tetap pada sasaran yang benar:
1.Definisikan daftar singkat hal-hal yang harus dikerjakan.
2.Definisikan daftar singkat hal-hal yang jangan dikerjakan (yang secara tidak sadar biasanya anda mengarah kesana lalu jadi mengerjakannya, padahal itu bukan tugas terpenting anda).
Salah satu nasehatnya: Jangan pernah tiba di kantor atau di depan laptop anda tanpa daftar prioritas yang jelas.
JUDUL: DANGER HAND, OLEH: ANANDA DIMITRI. TINTA CHINA & POTLOT WARNA DI ATAS KERTAS FOLIO KASAR. (1998).
JUDUL: MOONRISE, OLEH: ANANDA DIMITRI. ACRYLIC DIATAS CANVAS. 50 x 50. (2002)
Timothy Ferriss sendiri mengaku tidak pernah membaca koran dan menonton tv. Dia lebih banyak menggali dari orang lain yang sudah membaca berita tsb, kalau ada topik heboh yang yang ingin diketahuinya. Ini hanya membutuhkan perbincangan beberapa menit untuk mengetahui inti berita itu, waktu yang jauh lebih singkat dibanding membaca sendiri.
Dia mengajukan Hukum Parkinson yang mengatakan bahwa suatu tugas akan membengkak (dalam persepsi) pada tingkat kepentingannya dan kerumitannya sebanding dengan waktu yang dialokasikan untuk penyelesaiannya.
Contohnya: ketika seseorang diberi waktu 1 minggu untuk menyelesaikan suatu laporan, maka laporan menjadi tebal penuh kata dan kalimat berbunga yang tak penting. Atau menjadi terlalu rumit penuh detail-detail yang tidak diperlukan bagi suatu penilaian evaluasi. Namun ketika orang yang sama diberi waktu 24 jam, bisa jadi laporan yang sama tsb. jadi lebih efektif dan hanya memuat hal-hal penting yang diperlukan untuk mengambil suatu keputusan. Disini bisa dilihat beda aktifitas dan produktifitas. Waktu 1 minggu cenderung menjadi 'aktifitas' membuat laporan. Sedangkan waktu 24 jam cenderung menjadi 'waktu produktif ' dalam pembuatan laporan yang sama. Ada 2 pendekatan sinergis untuk meningkatkan produktifitas yang merupakan kebalikan dari satu dan lainnya:1.Batasi tugas-tugas pada apa yang penting untuk mempersingkat watu kerja.
2.Persingkat waktu kerja untuk membatasi tugas-tugas pada apa yang penting.
Perlu juga dibuatkan 2 daftar untuk menjaga fokus tetap pada sasaran yang benar:
1.Definisikan daftar singkat hal-hal yang harus dikerjakan.
2.Definisikan daftar singkat hal-hal yang jangan dikerjakan (yang secara tidak sadar biasanya anda mengarah kesana lalu jadi mengerjakannya, padahal itu bukan tugas terpenting anda).
Salah satu nasehatnya: Jangan pernah tiba di kantor atau di depan laptop anda tanpa daftar prioritas yang jelas.
JUDUL: DANGER HAND, OLEH: ANANDA DIMITRI. TINTA CHINA & POTLOT WARNA DI ATAS KERTAS FOLIO KASAR. (1998).
JUDUL: MOONRISE, OLEH: ANANDA DIMITRI. ACRYLIC DIATAS CANVAS. 50 x 50. (2002)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar