02 Juni 2011

8 Tahap dalam Melaksanakan Yoga

Asta Angga Yoga : delapan tahapan dalam usaha penyatuan diri dengan Tuhan. Orang yang mengabdikan hidupnya dalam usaha untuk manunggal dengan Tuhan dapat disebut sebagai seorang Yogi.

Urutan tahapannya sebagai berikut:
Yama > ahimsa, satya, asteya, brahmacharya, aparigraha

Niyama > sancha, santosa, tapa, swadhyaya, iswara pranidhana

Asana > sikap badan tertentu yang memudahkan konsentrasi

Pranayama > penguasaan/ pengaturan tenaga hidup

Pratyahara > proses memalingkan perhatian, pikiran dan kesadaran ke dalam bathin.

Dharana > konsentrasi manas/ pikiran pada suatu obyek tanpa penyimpangan (diistilahkan juga Ekagratha). Dimulai dengan obyek-obyek yang baik yang cukup disenangi (karena sangat sulit berkonsentrasi pada obyek yang tidak kita disenangi).

Dhyana > sesungguhnya berarti disiplin dalam Dharana. Yang mana obyek meditasi adalah gambaran wujud-wujud Tuhan dan nama-nama Tuhan (sangat sulit langsung berdhyana pada Tuhan yang tanpa wujud/bentuk > Nirgunam Brahman. Kalau sudah mampu demikian, adalah bagus sekali).

Samadhi > puncak dari meditasi, bebas dari segala pikiran, perasaan dan keinginan. Kesadaran terpusat pada kenyataan diri yang sejati, manunggal dengan obyek meditasinya hingga tidak ada lagi dualitas. Tidak ada lagi siapa yang bermeditasi dan obyek meditasinya, lebur menyatu.

Namun tentang Yama dan Niyama, didalam Sarasamuccaya dijabarkan sbb:
Brata yang disebut Yama rinciannya adalah: anrsangsya, ksama, satya, ahimsa, dama, arjawa, priti, prasada, madhurya dan mardawa. (Pasal 259).

Brata yang disebut Niyama rinciannya adalah: dana, ijya, tapa, dhyana, swadhyaya, upasthaningraha, brata, upasawa, mona dan snana. (Pasal 260).

Catatan diatas bagi saya sendiri masih perlu penjelasan atas perbedaan uraian Yama dan Niyama tsb. Maka akan saya edit lagi bila saya temukan sumber lain agar memperjelas pengertian saya, katakanlah demikian. (Atau Anda mungkin bisa lebih menjelaskan dengan menuliskannya melalui ruang komentar/ comments yang tersedia di bawah ini. Terima kasih).

.

Tidak ada komentar: