03 Juni 2011

KOMUNIKASI DARI MAXWELL

Ada tulisan dalam buku kecil John C. Maxwell sbb: Tanpa Komunikasi Maka Anda Akan Menempuh Perjalanan Sendirian.

Dengan komunikasi, Sang Pemimpin harus dapat membagi pengetahuan serta gagasan-gagasannya untuk menciptakan dorongan/ desakan serta antusiasme pada diri orang lain.

Jika seseorang tak dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan tak dapat memotivasi orang lain untuk menindak lanjutinya, maka, bahkan memiliki pesan untuk disampaikan pun menjadi percuma.

Orang tidak akan mengikuti Anda jika mereka tidak tahu apa yang Anda inginkan atau kemana Anda akan menuju (visi Anda). Caranya bagaimana? Anda akan dapat menyampaikan pesan tsb sebagai seorang komunikator yang efektif jika mengikuti 4 kebenaran dasar sbb:
Sederhanakan Pesan Anda.

Lupakanlah upaya mengesankan orang lain dengan kata-kata atau kalimat yang canggih. Kunci komunikasi yang efektif adalah kesederhanaan. Misalnya dalam berpidato, bagaimana cara melakukannya agar berhasil?
Siapkanlah pembukaan yang bersemangat, yang menarik perhatian seluruh hadirin. Lalu siapkanlah rangkuman serta penutupan yang dramatis, yang akan membuat orang jadi ingin bertindak. Ingatlah, jangan bertele-tele di bagian tengahnya.
Perhatikanlah Lawan Bicara Anda.
Tidak mungkin terjadi komunikasi yang efektif tanpa Anda mengetahui apa pun mengenai lawan bicara Anda, baik secara individu atau secara kelompok. Tanyakanlah pada diri sendiri: Siapakah pendengar saya ini? Apa sajakah pertanyaan-pertanyaan mereka? Apakah yang perlu dicapai? Dll. Jadi berorientasilah pada pendengar. Orang bisa percaya pada pembicara kalau si komunikator tsb percaya pada orang juga.
Tunjukkanlah Kebenaran (Yang dipercaya).
Akan terjadi komunikasi yang hebat bila didahului adanya Kredibilitas. Ada 2 cara untuk menyampaikan kredibilitas. Pertama, percayalah pada yang Anda ucapkan. Anda sendiri harus mempunyai semangat keyakinan yang tinggi terhadap hal itu. Kedua, amalkanlah ucapan Anda. Maka biasakanlah melaksanakan apa yang Anda ucapkan atau janjikan.
Tariklah Respons.
Ketika sedang berkomunikasi janganlah lupa bahwa sasaran dari komunikasi adalah tindakan. Jika Anda hanya melemparkan beberapa informasi kepada orang lain, Anda bukan sedang berkomunikasi. Tapi Anda harus memberi mereka sesuatu untuk Dirasakan, Diingat dan Dilakukan.

Akhirnya tanyakanlah diri Anda, apakah komunikasi sudah menjadi prioritas Anda? Jika dalam hati Anda tahu bahwa visi Anda sangat hebat dan menjanjikan, namun orang tetap tidak percaya, mungkin masalahnya adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Maka untuk meningkatkan penerapannya, lakukanlah hal berikut:
1.Sampaikan pesan Anda sejelas mungkin. Ingatlah selalu akan kesederha- naan, kejelasan dan kejelasan serta kejelasan!2.Fokuskan kembali perhatian Anda. Tujukan pada kebutuhan mereka, bukan Anda. Perlakukanlah orang lain apa adanya. Terimalah kritik orang lain dengan lapang dada bila mereka melihat Anda belum melakukan apa yang Anda ucapkan.
3.Hidupkanlah pesan Anda. Pergunakanlah EWP (emotional word pictures > lihat artikel Arahan diri ... Komunikasi efektif 1).4.Latihlah tiap hari. Jika ada kesempatan yang baik dan memungkinkan, sebaiknya dengan sadar Anda selalu manfaatkan untuk berlatih bicara dengan prinsip-prinsip berkomunikasi tsb.

.


Tidak ada komentar: