31 Mei 2011

Panca Maya Kosa

Ini merupakan lapisan-lapisan yang bersifat Maya. Seseorang hendaknya bisa membebaskan diri dari hal ini secara bertahap untuk mencapai bersatunya Atma dengan Paramatman.

Membebaskan diri bukan berarti melepaskan diri dari hal tersebut. Kebebasan disini berarti Sang Diri menjadi kusir dan mengendalikan lapisan-lapisan itu.

Kelima lapisan Maya itu sbb:

Anna maya kosa, lapisan yang terdiri dari Makanan. Badan fisik yang terbuat dari zat-zat dari alam fisik. (Badan tumbuh karena tumpukan lapisan-lapisan sari makanan).

Prana maya kosa, lapisan yang terbuat dari prana atau kekuatan vital/ energi.

Mano maya kosa, lapisan yang terbuat dari Manah atau Pikiran.

Vijnana maya kosa, lapisan yang terbuat dari pengetahuan atau pengertian.

Ananda maya kosa, lapisan yang terbuat dari kebahagiaan (ananda).

Untuk catatan saat ini, hanya itu saja. Bagaimana pelaksanaan yang lebih mendalam dan penghayatannya, masih dalam perjalanan. Tapi mungkin bisa diberi suatu contoh disini (tentang dua dari lima lapisan di atas), seperti apa yang ada di buku-buku atau yang sering diceritrakan para yogi : seseorang bisa mencapai keadaan Samadhi bila ia lepas dari pikirannya. Ketika ia berpikir setitik saja maka ia akan keluar ('dikeluarkan') dari keadaan Semadhi tsb. Demikian pula ketika ia menggunakan pengetahuan atau pengertian-pengertian yang didapat dari pelajaran di dunia fana, maka ia akan keluar dari Samadhi. Diperlukan kepasrahan total, dalam hal ini tidak mengikutkan pikiran dan pengetahuan kita, begitulah kira-kira.

.

Tidak ada komentar: