15 Juni 2009

CARA BERKOMUNIKASI EFEKTIF DAN PERSUASIF

TIGA KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG BISA MERUBAH SEGALANYA.

"Saya kini mengerti dan kemudian menggunakan tiga teknik ini yang merubah saya menjadi komunikator yang efektif dan persuasif. Saya yakin ini juga bermanfaat bagi anda", demikian kata Steve Scott seperti yang ia sampaikan di www.stevenkscott.com

Tak ada satu pun kemampuan sepenting komunikasi untuk kesuksesan dan kebahagiaan kita. Merupakan kunci pribadi demi perkembangan profesional kita. Komunikator yang efektif tahu cara meraih perhatian pendengar yang tak terbagi, memegang perhatian itu, agar pendengar menangkap dengan jelas apa yang sedang disampaikan, dan menanamkan secara emosional hal itu pada pendengar.

3 Teknik untuk menjadi Master Persuasif komunikator :
1. Mengkait
2. Menggarami
3. Kata-kata yang menimbulkan gambar emosional.(EWP)

MENGKAIT. Pertama kaitlah perhatian pendengar anda agar perhatiannya tidak terbagi. Kait itu berupa sebuah pernyataan yang kuat, referensi pribadi, atau sebuah pertanyaan spesifik yang dilempar pada permulaan komunikasi. Kait ini akan langsung membawa pendengar ‘ke dalam’ percakapan. Komunikasi awal kita harus mengandung salah satu dari unsur kait itu. Mengandung dua unsur akan lebih baik lagi. Misalnya pertanyaan awal penjual shamppo kepada para wanita:
‘Setiap kali di depan cermin dan melihat rambut anda, tiba-tiba anda ingin menangis?’

MENGGARAMI. Sekali anda memperoleh perhatian yang tak terbagi dengan kait awal, anda wajib meneruskan perhatian mereka tetap terfokus. Karena perhatian orang biasanya mulai menurun 10 atau 20 detik. Maka disinilah perlunya ‘menggarami’ itu.



Ada pepatah: ‘Anda bisa menyeret kuda ke air, tetapi anda tak bisa memaksanya minum’. Ini tidak sepenuhnya benar, karena kita bisa membuatnya minum asal sebelumnya kita beri dia garam di mulutnya atau dimakanannya sehingga kuda itu haus.

Misalnya pernyataan: ‘Ada 3 hal yang menyebabkan para lelaki meninggalkan istrinya’. Maka para wanita jadi ‘haus’ mendengar kelanjutan selengkapnya karena sudah digarami dengan ‘ada 3 hal’ yang diucapkan sebelumnya. Jadi kita ‘menciptakan keingintahuan/ rasa penasaran tentang yang akan kita katakan sebelum kita mengatakannya.

KATA-KATA YANG MENIMBULKAN GAMBAR EMOSIONAL. Ini tentang bagaimana menciptakan kata-kata yang memberi gambar hidup didalam pikiran orang, dan gambar yang menyentuh perasaan pula. Kata-kata ini akan membuka dan masuk pada pikiran orang, sekaligus masuk ke perasaannya.
Kata Gambar Emosional, bisa berfungsi karena :
1. Seperti Kait, ia langsung bisa meraih perhatian seseorang.
2.Punya kekuatan merubah pikiran dan keyakinan seseorang.
3.Memberi nafas hidup pada sebuah percakapan.
4.Menghubungkan seseorang pada referensi memorinya, suatu saat dalam kehidupannya
5.Sebagai pintu memperkuat hubungan karena pendengar bisa merasakan parasaan anda
6.Dapat mengkritik karakter orang tanpa repons negatif krn terasa lebih halus.
7.Merupakan metode ampuh yang mensinergikan hubungan otak kanan dan kiri orang.

Menciptakan Emotional Word Pictures dengan 6 langkah :
1.Ambil suatu setting waktu yang diperuntukkan bagi hal yang ingin kita ceritakan.
2.Pikirkan interes dari pendengar (apa kira2 yang dianggap menarik).
3.Cari hal yang berhubungan dengan pendengar, mis: masa sekolahnya, hobi, hal2 yang dikenal baik, tempat pikniknya dll.
4.Berlatihlah memakai EWP sebelum anda berbicara pada seseorang.
5.Aturlah lama berbicara dan komunikasilah dgn tenang menggunakan EWP
6.Jangan overusing EWP, pakailah dengan soft

P r a k t e k k a n Kait Garami dan EWP, ditambah dengan kemampuan komunikasi yang persuasif harus mengandung 3 Humanity’s Greatest Motivating Factors, yaitu :
1. Keinginan berkembang dan memiliki sesuatu.
2. Rasa takut kehilangan.
3. Kebutuhan mencintai dan dicintai.

Perhatikan fondasi dari komunikasi yaitu ‘menghargai dan menghormati’ yang kita ajak bicara-dalam sikap, kata yang kita pilih dan cara penyampaiannya. Perhatikan juga ‘lama waktu presentasi, puaskan kebutuhan pendengar akan informasi, jasa dan produk’.

Rahasia terakhir dari kemampuan dalam berkomunikasi memakai segala bahan diatas secara terstruktur pada sebuah presentasi diatur Secara keseluruhan sbb:
1.Pastikan anda menghargai dan menghormati pendengar tanpa nada mengajari.
2.Kalau memungkinkan masukkan satu atau lebih Greatest motivating Factors.
3.Buat presentasi mengikuti struktur berikut :
a.buat pembukaan yang langsung meraih perhatian dengan KAIT yang kuat. Gunakan EWP bila memungkinkan.
b.Jelaskan permasalahan dan idea/ produk milik anda untuk mengatasi masalahnya.
c.Garami sesering yang anda butuhkan bagi penjelasan anda agar perhatian tak terbagi.
d.Pakai EWP pada point penting agar jelas dan tak terlupakan. Ungkapkan keuntungan produk/ idea anda sebagi tujuan keseluruhan dari presentasi anda.
e.Pakai bukti dan testimoni dari orang2 yang terpuaskan.
f.Bandingkan dengan idea/ produk lain dan ungkapkan kelebihan produk anda.
g.Tutup pembicaraan dengan kesimpulan singkat, dan ajak segera mengambil keputusan agar membeli produk.

Komunikasi Persuasif adalah alat yang paling bisa membuka pintu pikiran dan perasaan orang dibanding perangkat lain yang anda miliki. Ini hal yang bisa dipelajari dan dilatih. Tidak harus punya bakat. Semakin dipakai maka kemampuan komunikasi akan semakin anda kuasai.
Silahkan anda lihat selengkapnya di www.stevenkscott.com





2 komentar:

hawkeye22 mengatakan...

hmm..
sesuai dengan postingannya..
Full Persuasive, Deskriptif, dan terarah
baru sekarang nech baca postingan yang berkarakter kuat kayak gini..
thanks for share

Anonim mengatakan...

bermanfaat sekali bagi saya yaNG BARU BELAJAR mengembangkan diri...
suksma....