25 Maret 2009

GIMANA BIKIN VISI DAN MISI? (2)


Yang tak kalah penting dari buku karangan Suwardi Luis ini, adalah bagaimana sebuah proses panjang, yang mana seluruh jajaran utama pada sebuah organisasi dilibatkan, sampai berhasil disusunnya sebuah VMV. Dan digambarkan sebagai tahap-tahap yang tidak sederhana. ( Merekam pendapat berbagai pihak: pelanggan, karyawan, pemegang saham, supplier dll. Mempresentasikan inti dari pendapat- pendapat tsb. Survey dari nilai-nilai dasar yang dianggap penting. Mengusulkan draft VMV pada forum diskusi manajemen puncak serta masukan yang perlu. Mensahkan VMV yang dilanjutkan dengan mengkomunikasikannya untuk diimplementasikan). Bagi Anda yang sering ketiban tugas merumuskan VMV, perlu membaca lengkap dan mendengarkan video (DVD) yang disertakan bersama bukunya.

Manfaat VMV antara lain:

1.Membawa orang bersama-sama ke dalam mimpi yang sama. 2.VMV mengkoordinasikan berbagai pekerjaan yang dilakukan orang per orang. 3.VMV memberi panduan pengambilan keputusan bagi tiap orang sesuai tujuan. 4.VMV menjadi landasan perencanaan bisnis yang akan dikembangkan. 5.VMV menantang potensi orang yang mandek untuk berinovasi kembali. 6.VMV mampu menyelaraskan prilaku yang tak sesuai menjadi lebih jelas.

Enam Kriteria bagi pernyataan Misi yang efektif, yakni:
Ringkas dan jelas,
Unik,
Fleksibel,
Memandu pengambilan keputuan,
Memandu budaya organisasi,
Memberikan inspirasi.

Ada 6 Kriteria juga bagi pernyataan Visi yang efektif:
Imaginable/ mudah dibayangkan apa yang dicita-cita,
Desirable/ memberi rangsangan untuk diraih,
Feasible/ masuk akal dan bisa dicapai,
Fokus,
Fleksibel (meski fokus, lentur terhadap perubahan),
Communicable (mudah dijelaskan dalam sekejap).

Dikatakan, Tugas Kepemimpinan menciptakan Visi dan Strategi.
Sedangkan Tugas Manajemen adalah menyusun Perencanaan (tindakan dan skedul yang spesifik untuk melaksanakan Strategi), serta menyusun Anggaran (proyeksi rencana kedalam biaya dan tujuan finansial).

Contoh VMV dari Domino's Pizza, yang diambil utuh.

Vision:
Number one in pizza
Number one in people
Mission:
sell more pizza, have more fun
Values:
Treat people as you'd like to be treated
Produce the best for the least
Measure what's important
Show transparency
Grow ourselves rich
Incentivize what we want to change
Set high standards, achieve best practice
Promote from within
Engage, innovate, have fun
We're not normal

Judul lukisan: Angkasa dan Air. Oleh: Ananda Dimitri. Acrylic di atas kain nylon dijahit.

1 komentar:

hawkeye22 mengatakan...

^-^
lebih "menjadi 'dulu'"
saya mo konsul,nech..
gmn,yach..?