10 Januari 2009

MEMIMPIN DENGAN CARA WELCH. (3)

13.Selalu Tinjau Ulang Rencana Anda.
Rencana yang sudah diagendakan beberapa tahun ke depan gak harus dipertahankan mati. Ingatlah selalu sesuaikan dengan situasi yang timbul dan tulis ulang lagi. Sebuah rencana yang tidak lentur dan terlalu terperinci, mau tidak mau akan menjumpai benturan- benturan. Sebenarnya yang diperlukan adalah tujuan yang jelas serta gagasan inti untuk memandu semua gerak arah perusahaan itu. Hal yang dapat membantu keperluan tsb a.l.: a.Jangan membuat perencanaan terlalu jauh bertahun- tahun ke depan. b.Kembangkan rencana dan sediakan pilihan alternatif. c.Perkirakan yang tidak diperkirakan sebelumnya.

14. Tetapkan Sasaran Tak Terjangkau.
Welch yakin bahwa apa yang dapat dilakukan manusia tidak ada batasannya, dan ia mengadaptasi konsep ini pada perusahaan. Ia berpendapat akan jauh lebih baik untuk menggapai yang tidak terpirkirkan dan hampir mencapainya, ketimbang membuat target yang rutin. Kemudian
jangan menghukum diri Anda sendiri atau orang lain karena tidak sepenuhnya berhasil mencapai sasaran tak terjangkau. Jika perusahaan punya target tak terjangkau 100 dan seseorang bisa mencapai target bagus 85, maka patutlah dirayakan.

15. Singkirkan Pembatas.
Untuk memastikan orang leluasa mencapai sesuatu yang mustahil atau tak terjangkau maka segala pembatas dan penghalang-penghalang harus disingkirkan (boundarylessness). Pembatas vertikal (yang memisahkan pekerja dari manajer), pembatas horizontal (yang memisahkan berbagai fungsi, misalnya pemasaran dan produksi), pembatas eksternal (pelanggan dan pemasok), pembatas geografis dan pembatas lainnya.

16. Bangun Rasa Percaya Diri.
Bagaimana pun caranya, adalah perlu sekali membangkitkan rasa percaya diri, menyebarkannya dan lantas menanamkannya ke setiap orang dalam perusahaan. Jadikanlah setiap orang mempunyai nilai kepemimpinan 4 E, yakni: Energi> Orang yang menjadi contoh karena energi pribadinya seperti gak ada habisnya. Energize> Orang yang menyulut semangat Tim dan tidak mengintimidasi Tim. Edge> Orang yang mempunyai semangat bersaing dan tekad untuk menang. Execution> Orang yang memperoleh reputasi karena melaksanakan sesuatu dengan benar dan memperoleh hasil yang nyata.

17. Kualitas adalah Tugas Anda.
Buatlah agar setiap orang merasa bahwa menjaga kualitas produk atau jasa adalah memang tugas mereka. Bukan hanya pekerjaan petugas QC atau bukan hanya tugas manajemen. Ada beberapa gagasan yang dapat diterapkan mengenai kualitas: Banggalah pada pekerjaan yang dilakukan. Dapatkan pelatihan-pelatihan. Jangan berpendapat bahwa kualitas adalah tugas orang lain.

18. Bersenang-senanglah.
Perihal bersenang-senang dalam pekerjaan merupakan hal penting karena orang tidak boleh mempunyai pekerjaan yang tidak disukainya. Dari suatu ciri-ciri karakter kepemimpinan yang jumlahnya 13, tiga diantaranya secara jelas menyebutkan perlunya punya selera humor, mempunyai kesenangan serta mempunyai antusiasme yang menular. Walaupun Welch serius dalam perihal bisnis, ia berpendapat bahwa orang tidak perlu menganggapnya terlalu serius. Disamping itu, walupun Anda melaksanakan pekerjaan yang Anda sukai, Anda bisa bosan kalau mengerjakannya terlalu lama. Maka jangan mengambil pekerjaan yang sama selamanya.

Sekian. Setelah buku tipis mengenai 24 tip tersebut saya baca, ternyata saya sarikan hanya menjadi 18 tip. Enam buah tip lainnya saya anggap tumpang tindih dan sudah termasuk dalam tip-tip sebelumnya. Kalau Anda tidak percaya, silakan baca sendiri. Walau pun buku yang sudah diterjemahkan itu tipis hanya 52 halaman dan hurufnya besar-besar, namun bagi Anda yang tidak suka membaca akan merupakan suatu penyiksaan. Pertama Anda harus keluar rumah pergi ke toko buku (ya kalau gak hujan atau panas terik). Kedua Anda harus membeli, keluar uang untuk buku ini (enakan beli soto). Lantas harus membaca, menyediakan waktu untuk itu (weh... kan enakan ngobrol ke tempat temen). Jadi jelas lebih efektif dan lebih nyaman baca tulisan ini saja. Tapi itu hanya joke saya saja. Sudah tentu yang terbaik adalah Anda baca sendiri secara utuh.

Lukisan: Anugerah ke Bumi. Oleh: Ananda Dimitri. Acrylic di atas canvas. 50 X 60. (1995).
Lukisan: Macan Salju. Oleh: Ananda Dimitri. Acrylic di atas plywood. 45 X 55. (1991)

1 komentar:

dr. Agung mengatakan...

Ratu Ajik Ir. Agung Ananda Dimitri yang terhormat,

Sungguh tulisan Tu Ajik sangat baik sekali. Mudah-mudahan banyak generasi muda dapat meresapi dan mengimplementasikan dalam kehidupan kedepan. Titiang mohon Ijin Tu Ajik untuk di-Link tulisan Tu Ajik pada Web titiang.


Matur Suksma

Nanda dr. Agung Swastika
Jero Agung Pengerebongan Negari
Klungkung, Bali